Berita MKKI


Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun Berita Duka Cita

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun
Berita Duka Cita


Telah meninggal dunia pada pukul 1245 di Surabaya anak ketiga dari dr. Joko S. Lukito, SpPA(K), semoga khusnul khotimah diampuni dosa-dosanya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.
Selengkapnya

Dokter WNI Lulusan Luar Negeri Berjuang Agar Bisa Praktik Di Indonesia

Jakarta - Sejumlah dokter Indonesia yang menempuh pendidikan di Rusia menyambangi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) di Jl Teuku Cik Ditiro 6, Gondangdia Menteng, Jakarta Pusat. Mereka menemui Ketua KKI, Prof. Dr. dr. Bambang Supriyatno, Sp.A (K). Para dokter lulusan luar negeri ini tengah berjuang agar bisa praktik di Indonesia.
Selengkapnya

Implementasi Uji Kompetensi Nasional Bidang Kesehatan Sebagai Langkah Konkrit Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Kesehatan

SIARAN PERS

No. 08/SP/HM/BKKP/IV/2016

Dalam upaya menjamin mutu pendidikan tinggi bidang kesehatan, sesuai amanah UU No.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, pemerintah telah menyelenggarakan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi bidang kesehatan, yang salah satu kebijakan utamanya adalah penyelenggaraan uji kompetensi secara nasional. Bidang kesehatan yang telah menjalankan uji kompetensi secara nasional hingga saat ini adalah kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, kebidanan dan ners. Uji kompetensi nasional ini diharapkan dapat mengurangi disparitas kualitas lulusan dari sekitar 2200 program studi bidang kesehatan. Dalam hal tantangan global, uji kompetensi nasional merupakan bagian dari upaya standardisasi registrasi dan izin praktik bagi tenaga kesehatan yang akan memberikan pelayanan kesehatan di Indonesia. Uji kompetensi nasional diharapkan mampu menyaring tenaga kesehatan Indonesia yang kompeten untuk memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna kepada masyarakat, dengan prinsip utama keselamatan pasien. Dari sisi pendidikan, uji kompetensi nasional diharapkan dapat mendorong perbaikan kurikulum dan proses pembelajaran di tiap institusi pendidikan, dan menjadi dasar pembinaan mutu pendidikan bidang kesehatan yang menjadi tanggung jawab Kementerian.
Selengkapnya

Terapkan Kuota Mahasiswa Kedokteran

JAKARTA, KOMPAS — Banyak fakultas kedokteran di Indonesia kekurangan sumber daya pengajar. Hal itu berdampak pada sulitnya meningkatkan mutu lulusan fakultas tersebut.

Penerapan kuota nasional mahasiswa kedokteran diharapkan menjadi instrumen pembinaan kualitas selain uji kompetensi.
Selengkapnya

Dokter Residen Harus Mendapat Insentif

YOGYAKARTA, KOMPAS — Peserta pendidikan dokter spesialis dan subspesialis yang menjalani kerja praktik di rumah sakit harus mendapat insentif.

Peserta pendidikan dokter spesialis dan subspesialis tidak boleh dianggap hanya sebagai mahasiswa yang menjalani proses pendidikan, tetapi juga sebagai pekerja yang mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit.
Selengkapnya

YLKI: Hati-Hati Pilih Fakultas Kedokteran

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyarankan agar masyarakat dan calon mahasiswa berhati-hati dalam memilih fakultas kedokteran agar tidak terkecoh berkuliah di fakultas dengan kualitas akreditasi C.
“Akhir-akhir ini pendidikan kedokteran sedang mengalami booming dengan kualitas yang masih meragukan. Saat ini saja, 40 persen fakultas kedokteran di Indonesia baru mendapatkan akreditasi C,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa.
Selengkapnya

Ujian Khusus Program Studi Pendidikan Dokter

PROSEDUR PENDAFTARAN :
1. Calon peserta wajib mendaftar di sub.bag akademik dengan membawa form di bawah ini
2. Hanya peserta yang nilainya dibawah C (3. Pendaftaran Ujian Khusus dibuka mulai Hari Rabu tanggal 29 Juli 2015 dan ditutup tanggal
31 Juli 2015 jam 13.00
Selengkapnya

Laporan Perkembangan Perkara

Berkenaan dengan Permohonan Uji Materiil Undang-undang Nomor: 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan (“UU Nakes”) terhadap Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28 D ayat (1), Pasal 28 D ayat (2), Pasal 28 H ayat (1), kami melaporkan
Selengkapnya