Diagnosis dan penatalaksanaan abses Citelli (Oleh:Linda Kodrat)


2011-12-15 | Admin MKKI

Latar belakang: Abses Citelli adalah komplikasi dari infeksi pada mastoid berupa abses subperiosteal yang menyebar melalui aspek medial mastoid ke dalam fosa digastrikus.

Tujuan: Karena komplikasi seperti ini sudah sangat jarang terjadi, kasus ini diajukan agar para ahli THT mengetahui dan dapat mengenali bila menjumpainya.

Kasus: Dilaporkan satu kasus, seorang laki-laki 23 tahun dengan keluhan nyeri di belakang telinga kanan, tepatnya pada bagian tengkuk kanan yang menetap dan tidak responsif terhadap pengobatan medikamentosa yang disertai paresis fasialis. Dari hasil pemeriksaan, kami mendiagnosis sebagai komplikasi ekstratemporal otitis media supuratif yang disebut sebagai abses Citelli.

Penatalaksanaan: Dilakukan mastoidektomi radikal dengan tujuan untuk drainase abses serta eradikasi infeksi dari rongga telinga tengah dan mastoid. Dua minggu pascaoperasi, keluhan nyeri belakang telinga dan paresis fasialis sudah hilang.

Kesimpulan: Abses di dalam fosa digastrikus ini terbukti merupakan komplikasi mastoiditis yang berhasil dieradikasi dengan tindakan mastoidektomi radikal.

Kata kunci: abses Citelli, komplikasi ekstratemporal, mastoidektomi radikal

Download Full Article, PDF(326 KB)

sumber : perhati.org
Kembali